Kaligata

Pagi tadi gw memberanikan diri nemuin dokter sehubungan dengan penyakit atau alergi gw itu. Dia bernama Bu Dokter Popong, pakaiannya putih-putih serba putih seputih pocong mirip sama namanya. huahahah ampun Bu..
Bu Popong bersemayam di Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur. Eh sumpah periksa di balai kesehatan unpad itu asik, secara gedungnya baru, bersih, nyaman dan banyak mahasiswi unpad yang wara-wiri..ihihihihiiiiyyy

Bu Popong : “Kenapa dik??ada keluhan apa?”
gw : “nama saya jun bu bukan dik..ehm..ini bu saya gatel..bla bla bla”
Bu Popong : “ooo itu kaligata biasa”
gw : “tapi bu..dia datang dan pergi..trus setau saya, saya gak punya alergi terhadap apapun”
Bu Popong : “ya yang namanya alergi saya juga gak tau penyebabnya apa..ok sekarang kamu telentang !! Ayo lakukan !!”
gw : pasrah menerima dan mlorotin baju
Bu Popong : “eh cukup lengan bajunya aja dulu..”
gw : “oh maaf bu..”

Ya, tadi pagi gw divonis terserang kaligata oleh bu popong dan diberi obat Ocuson dan Histapan, semacam obat kelainan imunitas gitu deh. Dari hasil googling gw dapat info tentang kaligata bahwa kaligata (urtikaria) adalah suatu reaksi alergi yang ditandai oleh bilur-bilur berwarna merah dengan berbagai ukuran di permukaan kulit. Kaligata merupakan reaksi anafilaktik yang terbatas pada kulit dan jaringan di bawahnya. Alergen yang seringkali menyebabkan kaligata adalah :
# Obat-obatan
# Makanan (terutama telur, kerang-kerangan, ikan, kacang-kacangan, susu)
# Serbuk sari
# Serbuk binatang (terutama kucing)
# Gigitan serangga
# Air, cahaya matahai, panas, dingin
# Stres emosional.

Gejalanya bisa berupa :
– gatal-gatal
– pembengkakan diatas permukaan kulit yang berwarna kemerahan dengan batas pinggir yang jelas (timbul secara tiba-tiba, memudar bila disentuh, jika digaruk akan timbul bilur-bilur yang baru)
– bilur-bilur membesar lalu menyebar atau bergabung satu sama lain membentuk bilur yang lebih besar
– bentuknya berubah-ubah, hilang-timbul dalam beberapa menit atau jam.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
Kadang dilakukan tes kulit untuk alergi.

PENGOBATAN
Jika sifatnya ringan, tidak diperlukan pengobatan khusus karena bisa menghilang dengan sendirinya.
Jika sampai terjadi penyumbatan tenggorokan dan kesulitan bernafas, maka segera dilakukan tindakan darurat.
Untuk mengurangi peradangan, gatal-gatal dan pembengkakan, diberikan antihistamin, epinephrine, terbutalin, simetidin, kortikosteroid atau obat penenang.

PENCEGAHAN
Hindari kontak dengan alergen penyebab kaligata.

Dari beberapa alergen yang disebut di atas sepertinya alergen yang terakhir adalah alergen tunggal penyebab penyakit gw ini. heuheu

Doain ya guys biar gw cepet sembuh dan bisa main bola bareng lagi deh 🙂

17 Responses to “Kaligata”

  1. Stress emosional?? haha…Seorg jun stress emosional gituh?? kyknya ituh tidak mungkin ah…:D, mudah2an cpt sembuh ya jun…jgn deket2 ama aku ya…ntr diriku jd alergi jg…wakakakaka

  2. chocoluvme Says:

    Bener kan kena kaligata.

    Dulu pas masih kecil, aku juga pernah kena kaligata gara-gara dingin, bentol-bentol di seluruh badan.
    Kalo sekarang kalo kedinginan, kulit tangan merah-merah aja, ga sampe bentol-bentol dan gatel-gatel.
    Trus dulu aku juga pernah kena kaligata gara-gara obat. Ga ngerti tuh kenapa, ga cocok kali ya obatnya. Jadi merah-merah, tapi gak gatel sih…

    *gapentingginikomennya*

  3. hehehe…
    Jun…
    jangan ke-GR-an…yang dibuka itu lengan baju aja jun..bukan bajunya hihihih…hahaha.. 😛

    Cepet Sembuh aja ya Jun..:D

  4. Teh Opi mah teteup… Nyambungnya kesana-sana,hahaha…

    Jujun, cepet sembuh ya! 😀
    mudah2an bukan gara-gara alergi ngeblog :p

  5. @ mbasika :
    iiih siapa juga yang mau deket-deket mbasika? heuheu
    emang stress emosional itu kayak apa sih?

    @ chocoluvme :
    iya kamu bener
    SELAMAT YA
    wew bisa gara-gara obat juga ya?

    @ ~Op~ :
    iya ternyata cukup lengan bajunya aja dulu..heuheu
    amin..makasih ya

    @ aaaci :
    iya ya kalo diperhatiin teh opi commentnya kesana-sana mulu
    emang teh opi mah emang gitu..heuheu
    amin..makasih juga ya
    alergi ngeblog? enggak deh kayaknya

  6. jun,kaligata tuch bukana nama salah satu jln diselatan jkt??heheh..
    dr.pocong?? wuich seyem banged namana,oo..baru tau gw,brarti gw termasuk orang yang alergi ma sinar matahari coz muka dan kulit gw langsung merah klu kna tu sinar,tengkyu jun tas infona,so get well soon ya jun….!!

  7. @ wi3nd :
    yang ada taman makam pahlawan itu ya? heuheu itu kan kalibata
    alergi matahari mah gampang..jangan keluar siang hari keluar aja pas malem biar jadi kalong..hahahah uhuk uhuk

    okay thx..yuk maen bola lagi yuk

  8. Jun..kalo maen bola lagi…berarti kyk iklan donk…penyakit Ayan bukan???=))

  9. chocoluvme Says:

    sebenernya jun kena ayan ato kaligata??

    mmmhhh…

  10. @ mbasika
    @ chocoluvme :

    iya ya jangan-jangan itu dokter salah diagnosis penyakit Jun..
    periksa lagi deh ntar 😐

  11. jd blum sembuh jun?? yakh nda jadi dunk maen bolana..:( da mu siap2 neeh pake sepatu..heheh..

  12. wi3nd :
    udah sembuh kok..yuk maen bola sekarang?

  13. ayoo jun..!! (sma9aadd neeh..:) ) siap yakh…?? *pukuL bola* tan9kep juuuuunnn…..!!

  14. ayoo jun..!! ( sma9aad neeh hehe..), siap yakh jun*pukul boLa* tan9keeepp..juuuuunnn…!!

  15. gw cari fungsi histapan, eh dibawa google ke sini, jadi buat obat alergi toh. kan di kotak obat (yg selalu ada dalam tas saya) ada histapan, sy bingung, ih obat apa nih ya… ternyata. tapi saya bingung lagi kapan sy kena alergi ya? setau saya udah lamakrn makan kepiting rebus di kantor. tapi itu juga sy gak kedokter, biarin aja deh, eh sembuh juga. jadi histapan siapa di kotak obat saya yg mungil ini?

  16. Nyumbang info…. Histapan n Cortidex jg bs bt obat eksim yg kambuhn. Trutama alergi telur n stress pikiran (kyk gw). Tiap kambuh..BeTeeeeeeein! Jd gk bs mkn telur. Pdhl tu k’sukaan gw. Tp 3-4 hri djamin dh mli hlg kok. Cm yg agk ssh klo sumbery dr stress pkran. Btuh ekstra k’sabarn. Slm sehat…

  17. gw jg suka kaligata, kalo udah kambuh duh ga tahan gatalnya
    jd gak ad obt yg bisa buat sembuh total ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: